Kamis, 30 Oktober 2014

Memahami makna busana muslim/muslimah dan menutup aurat

1.Makna aurat
menurut bahasa,aurat berarti malu,aib dan buruk.kata aurat berasal dari kata "Awira" yang artinya hilan perasaan jika digunakan untuk mata berarti hilang cahayanya dan lenyap pandangannya.pada umumnya,kata ini memberi arti yang tidak baik dipandang,memalukan dan mengecewakan.menurut istilah dalam hukum islam aurat adalah batas minimal dalam bagian tubuh yang wajib ditutupi karena perintah Allah,hal ini sejalan dengan firman Allah yang berbunyi:“Hai Nabi katakanlah  kepada istri-istri kamu, anak-anak gadismu dan istri-istri orang mukmin: hendaklah ia mengulurkan jilbabnya kesaluruh tubuhnya. Yang demikian itu supaya nereka mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Qs. Al-Ahzab: 59)
2.Makna jilbab dan busana muslim
secara etimologi,Jilbab adalah sebuah pakaian yang longgar untuk menutup seluruh tubuh perempuan,kecuali muka dan telapak tangan.dalam bahasa arab Jilbab dikenal dengan "Khimar" dan bahasa Inggris Jilbab dikenal dengan "Veil".selain kata Jilbab untuk menutup bagian dada hingga kepala wanita untuk menutup Aurat perempuan dikenal istilah Kerudung,Hijab,dsb.Perintah menutup selain dijelaskan Allah dalam Surah Al-Ahzab ayat 59,juga dijelaskan dalam surah An-Nur ayat 31 yang berbunyi:
“Dan janganlah mereka menampakkan perhisan mereka kecuali yang bisa tampak dari mereka”.hal ini juga dijelaskan dalam surah An-Nur ayat 60 yang berbunyi:
“Dan perempuan-perempuan yanng telah berhenti (dari haid dan telah mengandung) yang tiada ingin kawin lagi, tiadalah mereka dosa menanggalkan pakaian mereka dengan tidak maksud menampakkan perhiasan , dan berlaku sopan  adalah lebih baik bagi mereka. Dan Allah maha mendengar lagi maha mengetahui”.
demikianlah penjelasan saya,semoga bermanfaat untuk kita semua.wallahu a'lamu bishawab,wassalamu'alaikum wr.wb

0 komentar:

Posting Komentar